Friday, July 29, 2011

Goes To Water Blaster

Hi, today, I went to Water Blaster with my family and my friends.
In My dad's car, there are 9 people including him.
1. My dad
2. My mom
3. Me
4. My little brother, Andi
5. Fitri, my neighbour
6. Salsa, Andi's friend
7. Mrs. Anna, Salsa's mother
8. Naura, Salsa's little sister
9. And Fauzi, Salsa's brother
Okay, I've introduce they for you. And, this is our story goes to WB, Water Blaster...! Checkidot...

Thursday, July 28, 2011

Melihat Foto Diri Dalam STORY

27 July 2011 

Pagi ini aku bertekad tidak akan membuka fesbuk!
Yaah, minimal buka profile fesbuk tidak apalah, asal jangan buka GROUP STORY...!!!
Why?
Karena dengan membuka grup itu, akan mengingatkanku tentang majalah STORY yang belum bertengger diteras rumahku.
Berkali-kali sudah kudatangi lapak langganan deket rumah yang tiap bulan rutin 'melempar' STORY kerumahku.
Untuk edisi ini, aku merelakan bolak-balik ke lapak, dengan pertanyaan yang selalu sama.

"Bang, STORY udah ada?"
"Belum, dek. Nanti kalo udah ada, abang anter kayak biasanya. Oke?"
"Oke, deh, Bang! Tapi kok tumben-tumbennya telat dua hari, Bang?"
"Ya, mungkin distribusinya macet, saking mbludaknya edisi kali ini."
 "Ooo..." kuakhiri dengan manggut-manggut.

Tuesday, July 19, 2011

Sebelum tidur

Sebenarnya ini postingan hari Sei malam. tapi pasti akan begini setiap malam.
Dan selalu begini. Ini rutinitas sebelum tidurku. Pasti setelah aku mematikan laptop, alias setelah memposting tulisan ini, Andi akan merebut laptop. Maklum, sekarang dia tak hanya melulu buka FB, meliankan ber-blogger ria juga.

Play fire flowers

 

Thats our videos when in my children's neighbour ame to my field to play fire flowers. So full of yalled. But, its fun ^.^

Sunday, 17 July 2011

 Hari Minggu, aku dan keluarga jalan-jalan di pantai. Bukan jalan-jalan, sih, karena kami naik mobil.
Dan inilah hasil jepretanku.
Photo's Convertation...

Monday, July 18, 2011

Ujian, Shopping, Perpisahan

Hari ini, hari kuliah TERAKHIR...!!!
Eghm...maksudku, terakhir untuk semester 4. Dan besoook, aku udah semester 5.
Gak nyangka secepet itu. Padahal aku masih ngerasa kalo kemaren baru aja lulus SMA. hihi...
Kembali lagi ke hari ini.
Hari ini ujian lisan Jurnalistik pukul 09.00 WIB. kata Pak Sendang, dosen jurnalistik, siapa yg sudah siap, bisa maju duluan.
Ternyata sampe 09.30 WIB, ga ada anak sastra yanng maju, termasuk aku. Akhirnya Pak Sendang memanggil kami satu persatu. Dan untungnya tidak berdasarkan absen. Kalo berdasarkan absen, aku maju nomor satu dong. Jangan ditanya kenapa aku yang berhuruf depan 'N' bisa mendapatkan absen satu. Ceritanya panjang...!

My Friend's New Pink Bag

 Apakah aku udah pernah bilang kalo suka pink? Uhm... kalaupun belon, psti bisa dilihat melalui blogku, y? Haha...
First Pose.
Sebenarnya ini foto udah diambil waktu ujian Wacana, so, sekitar 3 weeks ago.
Tapi sempat aku upload sekarang. Maav...
Sapa yg aku minta maavin, ya? Ya udah, minta mav adjah... Haha..
Nah, waktu aku mampir di kost Puji, si Lina, temen sekamarnya punya tas pink baru. BAGUS pake BANGET.
Yaudah, mataku berubah jadi pink. Aku comot aja tasnya buat pose-pose. 

Sunday, July 17, 2011

Kajian Filologi Terhadap Hikayat Si Miskin


Ini... aku perlihatkan pada kalian...!!!
Ini adalah hasil dari kerja kerasku. Akhirnya selesai juga. Terimkasih Tuhan, dan semuanya.
Ini aku perlihatkan pada kalian sebelum dosenku sendiri yang melihatnya...
Jreeng...jerejeeeeennnggg.....

A.  Latar Belakang
Filologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu philos yang berarti cinta dan logos yang berarti kata. Arti ini kemudian berkembang menjadi senang hati, senang kesastraan, senang bertutur. dan senang belajar. Dengan objek kajian filologi adalah naskah atau teks Nusntara, filologi digunakan untuk mengkaji teks-teks atau naskah-naskah lama.
Salah satu naskah lama ialah hikayat, yang mengisahkan cerita kerajaan atau dongeng tentang kehebatan, kesaktian, keajaiban yang dialami tokoh dalam hidupnya. Pada jamannya, hikayat disebarkan secara lisan.

Saturday, July 16, 2011

Cupcakes Yummy...!

Slurrpt... ngecesss...
Mata berkelap-kelip...
Itu pertama kali aku lihat gambar cupcakes. Kaliand pasti tau apa itu cupcakes? APAA?!!! GA TAU?!!! Omayot?!!!
"Gue cuma tahu lepet, Vi."
"Nek kulo ngertose yo kuwi, jaddah, wajik!"
"Apalagi aku? aku cuma tau arem-arem. Haha!"

Apaa?!!! Hari gini cuma tahu lepet, wajik, jaddah, arem-arem, paling mentok roti bolu?
Oh no!
begini, ya kawan,teman, sobat, bro, sist...
Cupcake (baca : kapkek) sejenis kue yang berbentuk mungi dan berhiaskan moderen. Emang sih bahan pembuatannya sama kayak bikin kue, tapii... yg membedakan itu hiasannya...
Eh, bener, gak, sih? Hehe...

Mimpi Nduty Dreamy


Mata sudah lima watt satu watt... setengah watt...


Tuh tengok mataku macam tuh! Macam mata orag cina, sipit...


Setelah ini aku akan membayangkan pangeran PRINCES CHARMINGKU...
Entah dirimu, dirinya, diri merekaa...


Sudahlah, pasnya siapa, nih, Nduty?


Eeee...rahasia, dong!


Hanya Tuhan dan aku saja yang tahu. Hehe...

Akhir-akhir ini aku sering tidur malam. Bahkan setiap hari aku tidur melewati pukul 00.00 WIB.
Saking senengnya ngeblogging walking.


Sudahlah, mataku tak kuat lagi...
Aku tidur dulu, ya, Lyciousers...
Hoaamh...


Happy Blogging j deh buat yang mengunjungiku tengah malam seperti ini.


Ugh...tapi manusia lho, ya? Yang BUKAN MANUSIA, DILARANG memasuki blogku.


*Hiii...bulu kuduk berdiri.
Sudah, ah!
Bye !
*tarik selimut...
ZZZzzz...

Friday, July 15, 2011

Ada yang Pernah Nyoba "Uangkan"?

Malam ini, aku bingung and pusing banget.
Selain karen tugas, juga karena tiba-tiba muncuk kata "Uangkan" pada kolom pengaturan.
Dari judulnya aja udah menarik uangkan,
Lalu iseng aku mencoba, langkah-langkahnya.
Secara garis besar, rangangan "Uangkan" itu adalah space utuk iklan google.
Yang kata google, sih, setiap iklan di klik, maka akan ada bayaran.


Setelah daftar biodata, ada peraturan panjaaaaaaaang bangeeeettt...

Mana ada pasal-pasalnya lagi? Huft...


Namun hatiku ragu.
Apakah aku harus melanjutkannya atau tidak.
Aku takut kalau nantinya google meminta no rek. dan menguras uang Ayahku.
Lho? Kok bisa Ayahku?
Ya bisa, karena aku daftarin pake nama Ayahku, Suwoto, karena beliau yg punya no.rek.


Tapi aku masih saja ragu,, ya sudah, aku back-back aja,
dan ga jadi daftar...

Hello, apa ada yang pernah seperti aku ini?

Dicari: 100 Cerpen dan Cerita Bertema "buku" untuk dibukukan

Nih lomba aku juga dapet dari blogLycious... Sharing for you...

Salam Buku,


Dalam rangka menyambut bulan bahasa pada bulan Oktober, sekaligus untuk memperingati ulang tahun Rumah Baca Jalapustaka yang ke-3, maka dengan ini segenap pegiat Rumah Baca Jalapustaka bermaksud mengumpulkan 100 cerpen dan atau catatan inspiratif bertema “BUKU”. Untuk itu, kami mengundang dan mengajak kepada segenap rekan-rekan, sahabat-sahabat, penulis, pembaca, pecinta buku, dan semuanya di seluruh Indonesia dan dunia, untuk ikut berpartisipasi, berkontribusi dan beramal demi menyukseskan maksud kami tersebut.

LMCR deadline September...!!!

aYO NGINTIP PERSYARATAN lmcr tAHUN KE 6, 2011. aYO AYO...
ROHTO – MENTHOLATUM GOLDEN AWARD


Hadiah Total Rp 95 Juta

Syarat-Syarat Lomba

Lomba ini terbuka untuk pelajar SLTP (Kategori A), SLTA (Kategori B)  dan Mahasiswa/Guru/Umum (Kategori C)  dari seluruh Indonesia atau mereka yang sedang studi/bertugas di luar negeri
Lomba dibuka  21 April 2011 dan ditutup 21 September 2011 (stempel pos)
Tema Cerita: Dunia remaja dan segala aspek serta aneka rona kehidupannya (cinta, kebahagiaan, kepedihan, kekecewaan,  harapan, kegagalan, cita-cita, persahabatan, pengalaman unik, petulangan  maupun perjuangan hidup)
Judul

Filologi...Oh...Filologi...

Lusa kemarin aku udah posting tentang tugas TA (Tugs Akhir) yang menumpuk. Mulai dari :
Wacana,
Jurnalistik,
Metodologi Penelitian Sastra,
Metodologi Penelitian Filologi,
Metodologi Penelitian Linguistik,
Daaan apaan lagi tuh aku lupa...
hehe..padahal baru kemarin, sudah lupa...


Emang, sih, 90% udah kelar dan udah ditumpuk.
Yaa, meskipun hampir semuanya, (aku bilang hampir, lho. itu berarti bukan semuanya) aku kerjakan dengan mengarang indah.

Cerpen deadline November...!!!

ini ada info lomba cerpen yang kutemukan dari blog sahabat. Tapi ini buat yang ahasiswa, SI ato D3...

Begini bunyinya :


Unit Kegiatan Mahasiswa Bengkel Menulis dan Sastra (UKM Belistra), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang-Banten, menggelar Sayembara Menulis Cerpen Tingkat Mahasiswa se-Indonesia 2011.

Yeeeiiyyy... ! Blog Wajah Baru...!

Asyiiik...wajah blogku ganti.
Apalagi layout kali ini temanya kue...
Bisa ketahuan, gak, ya, kalo si pemilik Blog ini suka makan kue? Hihi... 
Ssst... kalo tahu diam aj. 


Semoga saja, dengan tampilan yang baru, blo sekaligus aku lebih giat mengepost apa saja seputar tentang kehidupanku.
Emang sih, gak penting banget nge-post keseharian diri kita.
Siapa juga yang mo baca. 
Tapi apapun hasilnya, aku akan mengepost apa aja disekitarku.
Hehe...


Dijamin, stress baca tulisan yang gak penting.


Yaa, salah stunya udah bisa kamu liat di atas.
Tuh - tuh *ngelirik tulisan di atas.
Gak penting, kan?1


But, so what geetooo...
Yang penting aku hepi wajahku baru.

Ups, wajah blog...

Maintenance

Blog ini sedang dalam perbaikan fisik maupun isi.
Jadi, tunggu tampilan barunya ya?

The Craft

Malam ini aku begadang sampai pukul 12.30.
Dan mataku sudah sangat amat berat. Jangan membayangkan bagaimana mata seseorang yang mengantuk!
Sesaat setelah kuberniat tidur,
sesaat setelah aku mematikan laptopku,
esaat setelah aku berdiri,
sesaat setelah aku meregangkan ototku sebelum tidur,
dan terakhir, sesaat setelah aku iseng menyalakan televisi.

"Halah, malam-malam begini nggak bakal ada film bagus." itu pikirki, sesaat sebellum aku mengganti program ke Trans TV.

Lalu film itu main.
Ya, the craft...!!!
Memang aku belum pernah melihatnya, tapi entah mengapa aku ingin menontonya.


Sejak pembukaan hingga sepuluh menit ini, filmnya bagus.
namun apa daya, mataku ini sungguh tak kuat.

Dan aku harus tidur. harus...!
Matikan TIVI...!!!
Matikan lampu...!!!
Ambil selimut...!!!
Peluk guling...!!!

tidurlaaaaaahhhh...

ZZZzzz...

Thursday, July 14, 2011

PENERAPAN ASPEK PENYUNTINGAN TERHADAP MAJALAH STORY EDISI 22

Sesuai dengan pengertian penyuntingan, yaitu proses menata, menyiapkan, menyelaraskan naskah agar layak cetak atau terbit, setiap naskah harus melalui proses penyuntingan sebelum dicetak atau diterbitkan.  Penyuntingan yang dilakukan oleh seorang penyunting dengan berdasarkan aspek-aspek penyuntingan, yang terdiri atas penyuntingan isi, penyuntingan bahasa, penyuntingan penyajian, penyuntingan grafika, penyuntingan wawasan kebangsaan, dan penyutingan gaya selingkung penerbit. Setelah proses penyuntingan dilaksanakan, barulah naskah dapat dikatakan layak cetak atau terbit. Tujuan penyuntingan itu sendiri adalah meminimalisir kesalahan ejaan.

BAB IPENDAHULUAN
A. Latar BelakangPenyuntingan merupakan kegiatan yang penting bagi naskah sebelum diterbitkan. Naskah dalam pengertian ini dapat berupa naskah, buku, atau artikel. Tanpa melalui penyuntingan, naskah tidak dianggap layak cetak atau terbit. Sekalipun naskah tersebut milik penulis ternama, tetap harus melalui prosedur penyutingan, karena tidak ada yang tahu kesalahan penulis dalam naskahnya, jika naskah tersebut belum melalui proses penyuntingan.

PROPOSAL PROSES MORFOLOGIS DALAM WACANA GEMINI


PROPOSALPROSES MORFOLOGISDALAM WACANA GEMINIDisusun Guna Memenuhi Tugas Akhir Mata Kuliah Metodologi Penelitian LinguistikDosen Pengampu Tommi Yuniawan, S.Pd.,M.A.
OlehNovi Fransiska 2111409001Sastra Indonesia

FAKULTAS BAHASA DAN SENIUNIVERSITAS NEGERI SEMARANG2011BAB IPENDAHULUAN
A.  Latar BelakangLinguistik adalah ilmu bahasa. Kata linguistik berasal dari bahasa Latin lingua. Ilmu linguistik juga sering disebut dengan ilmu linguisik umum, yang artinya linguistik tidak hanya meneliti salah satu bahasa tertentu, melainkan menyangkut bahasa pada umumnya. Linguistik menjadikan bahasa sebagai pusat perhatiannya. Bahasa merupakan alat yang digunakan manusia untuk berkomunikasi satu dengan yang lain. Baik dalam bentuk lisan maupun bentuk tertulis, diperlukan bahasa sebagai alat penyampaiannya.Bahasa mempunyai satuan-satuan bahasa yang terdiri dari fonem, morfem, kata, frase, klausa, kalimat, dan wacana.

ANALISIS KESINAMBUNGAN DALAM WACANA CERPEN KOTAK MERAH JAMBU KARYA NAFILAH NJURDIN

Setiap hari manusia menemukan wacana. Entah wacana lisan atau tulisan, manusia menggunakan wacana sebagai sarana penyampaian pesan. Menurut Longacre (1983), wacana merupakan rentetan kalimat yang membentuk suatu pengertian yang serasi dan terpadu, baik dalam pengertian maupun dalam manifestasi fonetisnya. Jika wacana tidak terdiri dari unsur pembentuk wacana yang saling berhubungan dan berkesinambungan satu sama lain, tidak mungkin tidak jika si penerima pesan akan menangkap suatu hal yang berbeda dari maksud si pengirim pesan. Oleh karena itu si pengirim haruslah menyusun wacana yang sesuai dengan topik yang diambilnya.Wacana lisan maupun wacana tertulis, penulis harus menghubungkan rentetan kalimat untuk membentuk suatu wacana yang utuh dan berkesinambungan, antara topik dan fokus isi materinya, agar penerima pesan dapat menangkap pesan yang utuh yang disampaikan oleh pengirim pesan.

PENERAPAN ASPEK-ASPEK PENYUNTINGAN TERHADAP NOVEL DESPERADOES CAMPUS KARYA AHMADI SOFYAN

 Bab 1 - Bab 2

Sesuai dengan pengertian penyuntingan, yaitu proses menata, menyiapkan, menyelaraskan naskah agar layak cetak atau terbit, setiap naskah harus melalui proses penyuntingan sebelum dicetak atau diterbitkan.  Penyuntingan yang dilakukan oleh seorang penyunting, berdasarkan aspek-aspek penyuntingan, yang terdiri atas penyuntingan isi, penyuntingan bahasa, penyuntingan penyajian, penyuntingan grafika, penyuntingan wawasan kebangsaan, dan penyutingan gaya selingkung. Setelah proses penyuntingan dilaksanakan, barulah naskah diapat dikatakan layak cetak atau terbit.Pada novel Desperadoes Campus karya Ahmadi Sofyan, proses penyuntingannya belum bisa dikatakan sempurna. Dapat dikatakan demikian karena dalam novel tersebut masih banyak kesalahan pemakaian huruf, dan pemakin ejaan, juga pemakaian tanda baca. Lebih singkatnya, ejaan pada novel tersebut masih banyak kesalahan. 

SIMBOLISASI PARODI SOSIAL ORDE BARU KAJIAN SEMIOTIK : TERHADAP BUKU KUMPULAN KOLOM CUCU WISNUSARMAN KARYA PARAKITRI T. SIMBOLON

 PROPOSAL SKRIPSISIMBOLISASI PARODI SOSIAL ORDE BARUKAJIAN SEMIOTIK : TERHADAP BUKU KUMPULAN KOLOMCUCU WISNUSARMAN KARYA PARAKITRI T. SIMBOLON
Disusun Guna Memenuhi Mata Kuliah Metodologi Penelitian SastraDosen Pengampu Suseno, S.Pd.

Oleh :Novi Fransiska2111409001Sastra Indonesia
FAKULTAS BAHASA DAN SENIUNIVERSITAS NEGERI SEMARANG2011
BAB IPENDAHULUAN
A.      Latar Belakang MasalahEpisode sejarah Orde Baru menimbulkan banyak sekali presepsi yang berbeda dari masyarakat. Dalam masa Orde Baru yang serba tertutup, Parakitri Tahi Simbolon hadir dengan tulisan kolomnya di harian Kompas tahun 1979 – 1984 yang bertemakan Cucu Wisnusarman. Setiap cerita Cucu Wisnusarman pada kolom Kompas mengandung peristiwa dan masalah ekonomi, sosial, budaya, juga hukum. Semua peristiwa dituliskan secara aktual pada saat itu juga sesuai dengan argumen Parakitri dan pandangannya tentang peristiwa dan masalah di Indonesia.Pada  jaman Orde Baru yang serba tertutup, masyarakat tidak bisa menuangkan kebebasan beragumen. Seperti halnya dalam kolom tulisan Cucu Wisnuasrman, Parakitri tidak mengungkapkan argumennya tentang situasi ekonomi, sosial, politik pada saat itu dengan bahasa yang langsung, melainkan Parakitri membuat perlambangan situasi Indonesia melalui tokoh-tokoh dalam cerita Cucu Wisnusarman. “Latar belakang sosial dan budaya masyarakat mempengaruhi bentuk pemikiran dan ekspresi sastrawan” (Jakob Sumardjo, 1991:1). Oleh karena itu perlambangan atau tanda atau semiotik yang dipergunakan Parakitri dalam Cucu Wisnusarman, mencerminkan kehidupan aktual Orde Baru pada waktu itu, dan bermakna kritikan maupun sindiran kepada permasalahan yang tidak kunjung selesai.

STRAIGHT NEWS

Kejuaraan Bola Voli “Walikota Cup 2011”
Semarang, 4 Juli 2011. Setelah dirombak sedemikian rupa dengan pengadaan lapangan voli dan lapangan basket outdoor, Simpang Lima telah beralih fungsi menjadi lapangan olahraga bagi masyarakat Semarang. Even perdana yang digelar di Simpang Lima adalah Kejuaraan Bola Voli yang bertajuk “Walikota Cup 2011”.Kejuaraan yang dimulai pada tanggal 1 Juli itu, ditandai dengan upacara pembukaan yang dihadiri oleh Walikota Semarang Soemarmo HS. Kejuaraan Bola Voli Walikota Cup 2011 yang dikhususkan untuk remaja putra-putri U-16 dan U-14, diikuti delapan belas klub yang terbagi dari sepuluh tim U-16 dan delapan tim U-14.Setelah berlomba selama empat hari, hingga hari ini pukul 3 sore, adapun diperoleh daftar juara kategori U-16 Putra, juara pertama diraih PBV Museum Mandiri, juara kedua PBV Vopas DKP, dan juara ketiga adalah PBV Tunas BNI. Sedangkan untuk kategori U-14 Putra, juara kertama diraih PBV Tunas BNI, juara kedua diraih oleh PBV Bina Taruna, dan juara ketiga disabet oleh PBV Museum Mandiri.Untuk kategori U-16 Putri, juara satu diraih oleh PBV Taruna Merah Putih, juara kedua oleh PBV PDAM, dan juara ketiga adalah PBV Undip Semarang. Sedangkan untuk kategori U-14 putri, juara pertama diraih oleh PBV Taruna Merah Putih, juara kedua adalah Talenta, dan juara ketiga diraih oleh PBV Undip Semarang.Pembagian hadiah disertai dengan upacara penutupan yang dihadiri Wakil Walikota, Hendri Hendrar Prihadi. Hadiah yang berupa piala dan sejumlah uang, diberikan secara langsung oleh Prihadi, kepada para pemenang.“Meskipun jadi juara ketiga, tapi kami tetap senang, karena bertemu dengan pemain voli lainnya dari seluruh Semarang yang hebat-hebat. Juga bertemu Pak Walikota dan Wakilnya.” Ujar Andika (14), pemain PBV Museum Mandiri.Kebahagiaan dan kebanggaan juga di rasakan oleh orangtua pemain. Meskipun cuaca panas, mereka dengan setia menemani putra-putri mereka hingga akhir upacara.
“Saya sebagai orangtua peserta, berharap bahwa lomba ini diadakan setiap tahun. Sehingga Semarang dapat menghasilkan bibit-bibit voli yang unggul di Internasional.” ujar Sunarsih (42) usai upacara penutupan.

FEATURE PERJALANAN

MAKAM SANG PROKLAMATOR TAK PERNAH SEPI
Blitar, adalah kota kecil yang berada di provinsi Jawa Timur. Blitar ialah kota kecil yang dijuluki sebagai kota Perdamaian. Dipinggir jalan seluruh kota Blitar, ditanami pohon perdu, sehingga menambah kesejukan setiap orang yang berjalan menikmati keasrian kota Blitar.Meskipun kota kecil, namun Blitar juga menawarkan banyak tempat wisata, seperti : Makam Bung Karno, pemandian Sumber Udel, Candi Penataran, pemandian Penataran, pantai Tambakrejo, dan masih banyak yang lain.Setiap hari raya Idul Fitri, keluargaku yang tinggal di Semarang, selalu mengunjungi nenek di Blitar. Selain berkumpul dengan keluarga besar, kami juga menyempatkan diri untuk mengunjungi tempat wisata di kota Perdamaian ini. Kali ini kami berkunjung ke Makam Bung Karno (MBK) pukul delapan pagi. Waktu yang kami tempuh untuk menginjak area MBK hanya tujuh menit dengan berjalan kaki dari rumah nenek.

ARTIKELKUCING LUCU BEBAS PENYAKIT

Kucing adalah salah satu hewan peliharaan manusia yang lucu dan menggemaskan. Tingkah polanya yang lincah serta lucu, membuat siapapun yang melihatnya tertawa. Hewan yang akrab dengan manusia ini tidak membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi dengan tuannya. Apalagi jika pemeliharaan kucing dilakukan sejak bayi, kucing akan menuruti, bahkan mengikuti kemana tuannya pergi.Kucing termasuk hewan yang suka sekali bermain. Benda apapun yang dilihatnya bergerak, akan dikejar dan dijadikan mainan. Entah itu rumput yang tertiup angin, atau hanya sapu yang digerakkan manusia. Kelincahan dan keagresifan kucing inilah yang menjadi daya tarik pecinta kucing untuk selalu memanjakannya.Setiap kucing yang dipelihara, pasti mempunyai nama yang unik-unik. Nabi Muhammad juga memberi kucingnya nama Mueeza, nama yang cantik untuk kucing. Tak jarang ditemukan kucing yang mempunyai nama seperti manusia, seperti artis terkenal, nama yang sesuai warna rambutnya.

LOMBA Novelet “Hylla Dalam Episode” Oktober 2011

LOMBA Novelet “Hylla Dalam Episode” Oktober 2011
DEADLINE: 31 Oktober 2011

Bismillahirrahmanirrahiim....
Assalamu'alaikum warrahmatullah wabarakatuh

Dalam rangka milad Aku di 7 November nanti saya akan mengadakan lomba menulis Novelet. Memang sangat manusiawi kita punya rasa sedih, ketika hujan mulai membangkitkan pahit dan manis kenangan oleh goresan cinta. Kadang kala rasa sedih itu memberikan motivasi yang kuat untuk bangkit, tapi juga tidak banyak yang berlarut-larut dalam belenggu cinta nan pedih. Tema yang orisinal boleh jadi mustahil untuk dikilapkan, tetapi tatkala segenap cerita dipacu-lecut, maka karya akan memiliki mental dan karakter. Cerita memang tak harus dianyam bak tikar pandan: Sistematis sekaligus rapi. Tumpukan cerita dalam otak kita memang harus didesak untuk menciptakan jalinannya sendiri.

Maka marilah kita refleksikan persoalan di sekitar kita dengan bahasa yang sederhana dan jernih setidaknya bisa bermanfaat untuk memberikan kontribusi, pencerahan dan refresh Ilmu bagi sesama.
Syarat Umum
1. Peserta adalah Warga Negara Indonesia.
2. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik & benar dan menggunakan ejaan yang disempurnakan.
3. Naskah harus karya asli, bukan terjemahan.
4. Tema bebas, namun menggunakan setting November
5. Naskah belum pernah dipublikasikan di media cetak, elektronik & online dan tidak sedang diikutsertakan dalam sayembara lain.
6. Tokoh salah satu di antara nama Sierra[f]/Hylla[f]/Gerhana[m/f]/Reshy[f]/Laksniky[f]/ Shane[m/f]
7. Panjang Naskah 15 hingga 18 Halaman
8. Peserta hanya boleh mengirim maksimal 2 naskah terbaiknya.
9. • Keputusan juri mengikat. Tidak dapat diganggu-gugat dan tidak ada surat menyurat.
10. • Lomba ini terbuka untuk umum.
Syarat Khusus Novelet:
1. Diketik dengan komputer di atas kertas HVS kuarto dengan jarak 1.5 spasi. Font Time New Romance ukuran 12.
2. Naskah ditunggu selambat-lambatnya 30 Oktober 2011
3. Pemenang akan diumumkan di FB Hylla Shane Gerhana. 7 November 2011
4. 20 Karya pemenang utama akan di bukukan. Dan Ada bingikan Hadiah dr panitia
5. Naskah di kirim ke Email shane.gerhana@yahoo.com, dengan subject: Hylla SG dalam Episode [Nama FB-Judul Karangan]
6. Prolog, penggalan Novelet di posting di notes kirim wajib ke FB Hylla Shane Gerhana dan Teman Fbmu sebanyak-banyaknya, cari dukungan like atau koment terbanyak akan menambah point dlm penilaian.
7. Yang di nilai mencakup Tema, Dialog, Setting, Keindahan Bahasa, Tipography, Keunikan Ide, Logis, Wawasan/kosa kata.
8. Untuk memperindah dan menghidupkan Novelet ini boleh disisipi Lagu, Puisi Atau Surat.

Jazakumullah khairan katsiran

Karakter Indonesia, deadline 31 July!

Sumber: http://www.elscharacter.com/ Tahukah Anda, bahwa Anda dapat membuat keadaan Indonesia menjadi lebih baik..? Sumbangsih Anda diperlukan di sini..  Berikan karyamu... Segera kirimkan pengalaman Anda yang dapat menginspiratif Indonesia, pengalaman cerita positif Anda yang berkenaan dengan nasihat bijak orang tua tercinta. ...Hanya dengan karakter positif yang kuat kita dapat menjadi lebih baik.. Dan karena kami yakin bahwa Anda juga dapat menjadi bagian dari gerakan "Character for Indonesia". HADIAH
Juara 1: Uang senilai Rp. 1.000.000,-
Juara 2: Uang senilai Rp. 500.000,-
Juara 3: Uang senilai Rp. 300.000,- KETENTUAN LOMBA Lomba ini terbuka untuk semua kalangan. Artikel yang dilombakan adalah maksimal ditulis 3 halaman kertas A4 dan merupakan asli pengalaman hidup dari penulis. Cantumkan nama, alamat email, serta no. telp. yang dapat kami hubungi di bagian atas artikel. Penulis dapat mengirimkan lebih dari 1 artikel dan dikirimkan melalui email ke heru@elscharacter.com atau herupri@ymail.com Lomba berlangsung dari tanggal 1 Mei 2011 jam 06.00 dan berakhir pada tanggal 31 Juli 2011, jam 24.00 WIB. Semua artikel yang masuk akan menjadi hak bagi pihak ELS sebagai penyelenggara. Dan Panitia akan memberikan penilaian se-obyektif mungkin yang akan cenderung kepada bentuk keaslian artikel dan menariknya isi artikel tersebut. Keputusan Juri tidak dapat diganggu gugat.

Benci Stengah Mati

Pernah atau masih menyimpan rasa benci pada sesuatu karena mungkin itu menjadi penghalang dalam hidup kamu untuk meraih cita-cita? Sesuatu yang membuat kamu jadi serba salah, sering ragu-ragu, dan sebagainya?
Nah, coba deh ungkapkan apa yang menjadi objek Hate ½ Mati kamu dalam sebuah tulisan kira-kira 4 halaman aja. Kamu cukup mengungkapkan 1 hal yang bener-bener kamu benci tapi usahakan tulis dengan bahasa yang elegan n enak dibaca pastinya.
Kirimkan tulisan kamu via attachment (sisipan) ke: komunitasdivapress@yahoo.co.id. Jangan lupa subject: Hate ½ Mati + Judul Tulisan.
Format tulisan: kertas A4, spasi 2, margin atas + kiri 4cm, margin kanan + bawah 3cm. font Arial. Di akhir tulisan, sertakan biodata narasi kamu juga ya
Seperti biasa, lomba ini berlangsung selama sebulan penuh (selama bulan Juni), so, ayo pada ikutannnn!!!!! Ada 10 novel terbaru dari DIVA Press yang siap dibagikan untuk 10 pemilik tulisan yg beruntung!!!!

Antologi MAAF deadline 31 July!

Oleh : Syaque Hikaritokusaikizoku Kapan terakhir kita meminta maaf? Apakah sehari yang lalu atau bahkan setahun yang lalu? Sebagai manusia yang kerap memiliki salah dan khilaf, hendaknya kita senantiasa meminta maaf atas kesalahan kita yang disengaja atau tidak.[Image]Banyak kisah terpahat di sana. Suka duka menjalani hidup, cerita lucu penuh tawa bersama sahabat yang berubah menjadi permusuhan karena kesalahan kecil, mengharukan dan membuat air mata bercucuran, bahkan mungkin teriakan kecewa terhadap dunia luar tentang keengganan memberi maaf. Daripada semua cerita itu hanya menyesaki perasaan dan membuat badan kita makin kurus (atau makin gemuk) karena nafsu makan yang menggila akibat frustrasi, permusuhan semakin menjadi-jadi,  mari kita tuangkan kata maaf itu.           Bagaimana? Siapkah kita meminta maaf atas kesalahan kita? Sudah seberapa besar keikhlasan kita memberi maaf?

Analisis Novel 'Rumah Maya'

BAB 1Latar BelakangKepercayaan suatu kelompok masyarakat tentang kehidupan lain yang ada disekitar mereka, masih sering ditemui pada jaman sekarang ini. Kepercayaan tentang hal yang bersifat mistis itu membuat suatu kelompok masyarakat memuja pemimpin dunia gaib, yang biasa disebut Kanjeng Ibu, dan bersedia menjadi abdi dalemnya yang setia. Imbalan mengabdi kepada Kanjeng Ibu adalah terpenuhinya kebutuhan duniawi. Namun tak semudah yang dibayangkan. Para abdi yang sudah merasakan kenikmtan duniawi, harus merelakan dirinya menjadi abdi selamanya. Bahkan sampai meninggalpun, abdi harus terus melayani Kanjeng Ibu di alam lain. Tak hanya itu, keturunan mereka seterusnya juga harus menjadi abdi Kanjeng Ibu.Seperti pada novel Rumah Maya karya Tan Swat San atau yang bernama lain Irene Eko Dani Kurniawati. Tan mengajak pembaca untuk ikut hanyut kedalam dunia mistis yang ia ciptakan sebegitu nyatanya. Tan dengan gamblangnya menceritakan suasana mistis yang berlatar tempat di pantai Pandan Sigegek, desa Sorobayan, Bantul. Penduduknya yang masih sangat kental mengaitkan dunia nyata dengan dunia gaib, dapat dirasakan dengan penuturan Tan yang khas dan magis. Dalam kata lain, penduduk desa Sigegek masih percaya terhadap tahyul-tahyul yang terlanjur diterapkan oleh nenek moyang mereka.Dalam makalah ini akan dibahas mengenai unsur intrinsic yang dikemukakan oleh Robert Stanton. Pada setiap babnya, Tan menggunakan sudut pandang yang berbeda-beda. Tak lepas dari itu semua, akan tetap dibahas mengenai unsur-unsur intrinsik menurut Robert Stanton.

Acara Eksibisi

SEMINAR 'TARI TRADISIONAL INDONESIA DI MANCA NEGARA'
ASSALAMUALAIKUM WR. WBYANG TERHORMAT REKTOR UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG, YANG TERHORMAT DEKAN DAN SEGENAP JAJARANNYA DI LINGKUNGAN FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. DAN PESERTA SEMINAR YANG KAMI MULIAKAN.SELAMAT PAGI DAN SELAMAT DATANG DI GEDUNG SENDRATASIK FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DALAM RANGKA SEMINAR NASIONAL DENGAN TEMA ‘TARI TRADISIONAL INDONESIA DI MANCA NEGARA’.PADA PAGI HARI INI, RABU 1 DESEMBER 2010, PERKENANKANLAH SAYA TERLEBIH DAHULU MEMBACAKAN MATA ACARA SEBAGAI BERIKUT:

Telaah Aspek Semantik dan Verbal

A. ASPEK SEMANTIKHubungan Sintagmatik1) Urutan PeristiwaMicki dipilih menjadi ketua kelas lagi. Bertha tidak suka dengan Micki. Tania bersiap akan pergi. Tania ngedumel karena mulai gendut. Bertha iri dengan Tania, kakaknya, yang sempurna. Bel pintu berbunyi, seorang cowok datang menjemput Tania. Bertha teringat sebulan yang lalu. 7.1  Tania jadian dengan Feri, kakak Micki.7.2  Bertha tidak setuju Tania jadian sama Feri7.3  Feri selalu mengingatkan Bertha pada MickiBertha tetap tidak suka Tania jatuh cinta dengan Feri Feri berasal dari keluarga yang sederhana. Bertha kembali pada dua bulan lalu kenapa ia begitu membenci Feri. 10.1    Sepulang les bahasa Jepang Micki mencegat Bertha.10.2    Micki menemukan dan membaca kertas curahan hati Bertha yang terjatuh.10.3    Micki marah besar kepada Bertha.10.4    Bertha mnyesal.

Bahasa Kias

Bahasa kias (majas) atau figurative language bahasa yang sengaja disimpangkan dari arti kata semula. Dalam teori sastra, struktur puisi dibagi menjadi dua: struktur fisik dan struktur batin. Bahasa kias adalah  salah satu unsur dari struktur fisik puisi, selain tipografi (perwajahan puisi), kata konkret, versifikasi (rima, irama), imaji dan diksi.

Tujuan bahasa kias1. mendeskripsikan sesuatu menjadi konkret,2. memberi sensasi dan imajinasi,3. menghasilkan tambahan makna,4. memadatkan makna.Macam-macam Bahasa Kias atau Majas1. SimileBahasa kias yang membandingkan dua hal atau lebih yang hakikatnya berbeda, tetapi dianggap sama. Biasanya menggunakan kata : bagai, sebagai, bak, semisal, seperti, ibarat, seumpama, laksana dan sebagainya.  Contoh :Memungut detik demi detik, merangkainya seperti bunga (Sapardi Djoko Damono, ”Yang Fana adalah Waktu”)Dalam baris di atas, waktu (detik demi detik) disamakan dengan rangkaian bunga.

Contoh Puisi Lama

MANTRAHai si jambu rakai
Sambutlah
Pekiriman putri
Runduk  di  gunung
Ledang
Embacang masak sebiji bulat
Penyikat tujuh penyikat
Pengarang tujuh pengarang
Diorak dikembang jangan
Kalau kau sambut
Dua hari jalan ketiga
Ke darat kau dapat makan
Ke laut kau dapat aku

Perkembangan Bahasa Indonesia

A.    Sebelum Bahasa Indonesia
Seperti yang kita tahu bahwa bahasa Indonesia sebelumnya berasal dari bahasa Melayu. Namun ternyata masih ada bahasa lain sebelum bahasa Melayu, yaitu bahasa Melayu Kuno. Ini dapat dibuktikan dengan ditemukannya piagam-piagam didaerah Sumatera Selatan oleh peneliti kepurbakalaan. Piagam-pigam tersebut menggunakan media bahasa, yang menurut Wojowasito (1961) bahasa Melayu merupakan bahasa resmi dari kerajaan Sriwijaya, yang terbukti dengan digunakannya bahasa tersebut pada pengumuman kerajaan.Karena itu ada kemungkinan bahwa bahasa Melayu Kuno mempunyai hubungan persejarahan secara langsung dengan Bahasa Melayu yang juga mempunyai hubungan erat dengan Bahasa Indonesia.
Selain itu harus diingat bahwa penyebaran bahasa Melayu itu bukan hanya terbatas pada daerah sekitar selat Malaka atau Sumatrea saja, jauh lebih luas dari itu. Ini dapat dibuktikan dengan terdapatnya berbagai cerita yang ditulis dalam bahasa Melayu pada tempat yang jauh dari selat Malaka. Dalam hal ini dapat dibuktikan oleh pendatang bangsa Eropa yang memberikan catatan kepada bahasa yang mereka dapati.Berdasarkan alasan ini dapat dikatakan bahwa bahasa Melayu telah menduduki posisi yang penting sebagai bahasa yang digunakan dalam lapangan perdagangan di nusantara.Berubahnya bahasa Melayu menjadi bahasa Indonesia ini didasari pada timbulnya beberapa golongan terpelajar dalam kalangan penduduk Indonesia, yang bertujuan untuk memajukan dalam bidang pendidikan, ekonomi, dan social. Kemudian sekelompok kecil ini berubah menjadi sekelompok besar dari penggabungan berbagai suku bangsa. Dan mereka sadar dan tahu betul bahwa sebagian besar dari mereka tidak mengetahui bahasa lainnya lagi kecuali bahasa Melayu yang mereka perjuangkan. Mulailah fase baru bagi bahasa itu, yaitu dengan dirubahnya bahasa yang mereka gunakan itu menjadi bahasa Indonesia, yang resmi mereka nyatakan dalam suatu kebulatan tekad pada tanggal 28 Oktober 1928.


Makalah Teori Semiotik

Dari kodratnya, karya sastra merupakan refleksi pemikiran, perasaan, dan keinginan pengarang lewat bahasa. Bahasa itu akan membentuk sistem ketandaan yang akan dinamakan semiotik dan ilmu yang mempelajari masalah ini adalah semiologi. Semiologi juga sering dinamakan semiotik.
Strukturalisme semiotik adalah struturalisme yang dalam membuat analisis pemaknaan suatu karya sastra mengacu pada semiologi. Semiotik berasal dari kata yunani: semeion yang berarti tanda. Semiologi atau semiotik berarti ilmu tentang tanda-tanda dalam bahasa dan karya sastra.1.1 Zaman semiotik klasikMuncul sejak zaman Yunani. Plato(427-347 SM)  dianggap perintis awal bidang ilmu tanda seperti dalam bukunya Cratylus. Ini diikuti muridnya Aristotle  (394-322  SM) yang menggunakan istilah ‘significant’ dalam tulisannya On Interpretation. Apakah pemberian nama kepada benda berdasarkan pemberian sewenangnya atau atas perjanjian? Muridnya Aristotle menjawab bahwa nama itu ialah soal perjanjian atau konvensi. Soal jawab ini mencetuskan teori bahasa dan makna.

Makalah Perkembangan Filologi di Arab

BAB IPENDAHULUAN
I.                   Latar Belakang Masalah Filologi secara etimologi berasal dari kata philo (cinta) dan logos (kata) dari bahasa Yunani. Dengan demikian Filologi dapat diartikan “cinta kata”, “senang bertutur” dan “senang belajar”. Filologi juga mempunyai tujuan khusus, yakni mendeskripsikan dan menyajikan suatu teks tertulis di dalam naskah dalam wujud yang paling tepat. Filologi mempunyai tugas untuk menjabarkan ide-ide, gagasan, peristiwa, dan pandangan hidup.
II.       Identifikasi Masalah          Dalam makalah ini penulis akan membahas perkembangan pentingnya filologi di Timur Tengah.

III.      Batasan Masalah          Agar dalam pembahasan masalah tidak semakin meluas, penulis membatasi masalah hanya pada ruang lingkup filologi di Timur Tengah.
IV.             Metode Pembahasan
          Dalam hal ini penulis menggunakan, penelitian kepustakaan, yaitu penelitian yang dilakukan melalui kepustakaan, mengumpulkan data-data dan keterangan melalui buku-buku filologi.

Sejarah Perkembangan Ilmu

Dari sejak manusia dilahirkan kedunia, mereka telah dihadapkan dengan berbagai masalah yang harus mereka selesaikan sendiri menurut cara berpikir dan reaksi yang berbeda-beda pada setiap manusia.Van Peursen membagi perkembangan kebudayaan menjadi tiga tahap:1. Tahap Mistis                   : manusia merasa bahwa kekuatan-kekuatan gaib berada disekitarnya.2. Tahap Ontologis             : manusia merasa tidak dikepung oleh kekuatan gaib, dan mulai menelaah objek disekitarnya.3. Tahap Fungsional            : selain merasa bebas dari kepungan gaib, manusia juga telah mempunyai pengetahuan berdasarkan penelaahan objek-objek disekitarnya.Walaupun pada tahap Mistis manusia telah memiliki pengetahuan, namun pengetahuan itu selalu dikaitkan dengan kekuatan mistis.
Ketika manusia berpendapat bahwa hukum-hukum tertentu dalam dunia empiris yang terlepas dari kekuasaan dunia mistis, ilmu mulai berkembang pada tahap Ontologi.. Manusia mulai menentukan batas-batas yang jelas kepada objek-objek tersebut yang terpisah dari eksistensi manusia.Terbebasnya akal manusia dari kekuatan mistis ini dimulai dari zaman Yunani kuno. Setelah periode ini perkembangan ilmu pengetahuan semakin pesat. Bahkan dimasa sekarang, ilmu berkembang dengan cepat, penemuan satu bisa merambah menjadi penemuan baru lainnya..Karena pemikiran dan kebudayaan yang berkembang pada wilayah dan masa tertentu adalah serangkaian dari sejarah peradaban umat manusia, maka dengan kemampuan akal pikirannya, manusia selalu berusaha melangkah maju.

Makalah Filologi

BAB 1
Filologi sudah dipakai sejak abad ke-3 SM oleh sekelompok ahli dari Aleksanderia yang kemudian dikenal sebagai ahli filologi. Yang memakai pertama adalah Erastothenes.Filologi berasal dari kata Yunani philos ‘cinta’ dan logos ‘kata’, yang dapat berarti ‘cinta kata’ atau ‘senang bertutur’. Arti ini kemudian berkembang menjadi ‘senang belajar’, ‘senang ilmu’, dan ‘senang kesastraan’ atau ‘senang kebudayaan’.
- Pada abad ke-3 SM mereka hanya berusaha mengkaji teks-teks lama. Karena luasnya jangkauan teks klasik maka filologi juga berarti ilmu tentang segala sesuatu yang pernah diketahui oleh orang (August Boekh dalam Rene Wellek, 1956). Filologi dipandang sebagai pintu gerbang yang menyingkap khazanah masa lampau. - Filologi pernah dipandang sebagai sastra secara ilmiah. Teks-teks yang dikaji bernilai sastra tinggi ialah karya Humeros. Keadaan tersebut membawa filologi pada suatu arti yang memperhatikan segi kesastraannya (Wagentvoort, 1947).- Filologi dipakai juga sebagai istilah untuk menyebut studi bahasa atau ilmu bahasa (linguistik). Kahian utama filologi adalah bahasa, terutama bahasa teks-teks lama. Bidang bahasa yang ditelaah adalah bidang yang beraspek masa lampau.- Suatu naskah dipandang sebagai suatu penciptaan baru yang mencerminkan perhatian aktif dari pembacanya. Sebagai kegiatan yang kreatif untuk memahami teks, menafsirkan, membetulkan dan mengkaitkannya dengan ilmu bahasa, sastra, budaya, keagamaan dan tata politik  yang ada pada zamannya. Filologi pada aspek ini disebut  filologi modern
- Objek kajian Filologi sendiri adalah naskah dan teks. Yang dibicarakan ialah hal mengenai seluk-beluk naskah, teks, dan tempat menyimpan naskah. Naskah Nusantara mengemban aneka ragam aspek kehidupan sosial, ekonomi, politik, agama, kebudayaan, bahasa dan sastra. Naskah disimpan di perpustakaan-perpustakaan  dan 26 museum di berbagai Negara. Sebagian naskah masih ada yang disimpan perseorangan, misalnya naskah Aceh, Melayu, dan Jawa.
Tujuan umum filologi  :memahami kebudayaan suatu bangsa melalui hasil sastranya. mengerti makna dan fungsi teks bagi masyarakat penciptanya. mengungkap nilai-nilai budaya lama. melestarikan kebudayaan. Tujuan khusus filologi :menyunting teks yang dinilai dekat dengan teks aslinya. mengungkap sejarah dan perkembangan teks. mengungkap resepsi pembaca pada setiap kurun penerimanya.
BAB

Makalah HAM

Makalah HAM

BAB IPENDAHULUAN
I.                   Latar Belakang Masalah Hak Asasi Manusia adalah hak yang telah melekat pada diri setiap manusia. Masalah HAM adalah sesuatu hal yang sering kali dibicarakan juga dibahas terutama dalam era globalisasi ini. Dalam pemenuhan HAM, kita pasti tidak hidup sendirian, makadari itu, kita perlu hidup bersosialisasi dengan masyarakat sekitar. Dan dalam pemenuhan HAM terhadap diri kita sendiri, kita tidak diperbolehkan untuk melanggar dan menyalahgunakan HAM terhadap orang lain.Karena penulis merasa tertarik untuk membuat makalah tentang HAM, maka dengan ini penulis mengambil judul “Hak Asasi Manusia”.II.                Identifikasi MasalahDalam makalah ini penulis mengidentifikasi masalah sebagai berikut:1.    Pengertian HAM2.    Perkembangan HAM3.    Pelanggaran dan pengadilan HAMIII.             Batasan Masalah Agar masalah pembahasan tidak terlalu luas dan lebih terfokus pada masalah juga tujuan, maka dengan ini penulis membatasi masalah hanya pada ruang lingkup HAM.IV.              Metode PembahasanDalam hal ini penulis menggunakan, penelitian kepustakaan, yaitu penelitian yang dilakukan melalui kepustakaan, mengumpulkan data-data dan keterangan melalui buku-buku, media cetak, media elektronik dan bahan lainnya yang ada hubungannya dengan masalah-masalah yang akan dibahas.    

Jenis Makna

1.Contoh JENIS-JENIS MAKNA

a.Makna Leksikal ( makna yang telah dimiliki leksem, walaupun tanpa konteks)
- rumah - tempat untuk tinggal dan beristirahat.
- sandal - alas kaki yang terbuka.
- tas - tempat untuk membawa peralatan sekolah.
- mobil - kendaraan darat, beroda empat.
- pensil- alat untuk menulis, terbuat dari kayu.
- kucing- binatang lucu, berkaki empat, memiliki kumis.
- bantal- alas kepala untuk tidur.

Analisis Naskah Drama 'Para Jahanam'

PARA JAHANAM!
Naskah: Zulfikri Sasma

Adaptasi Cerpen LAMPOR Karya Joni Ariadinata
Para Pelaku:
JOHARI (suami)
TUMIYAH (istri)
ROS (anak perempuan)
UJANG (anak laki-laki)
Bagi masyarakat yang bermukim di tepi kali comberan, yang hanya terdiri dari puluhan gubuk-gubuk reot, parade hingar bingar adalah hal yang biasa terjadi. Terlebih pada saat matahari mulai menciumi bau busuk pada tepian kali comber yang dipenuhi bermacam-macam sampah. Sumpah serapah, caci maki, suara bantingan piring yang sering berakhir dengan saling cakar, ternyata telah menjadi upacara bangun pagi yang mengasyikkan. Hingga, tak ada satupun yang menarik untuk didengar, apalagi ditonton.
Inilah kisah tentang kaum comberan, kisah tentang orang-orang yang mengatakan bahwa hidup adalah untuk makan dan senang-senang!

Andai Saja...

Andai saja aku bisa mengatakan semua yang ada dipikiranku sedetik lebih cepat tanpa malu. Andai saja aku bisa membicarakan hal yang aku suka maupun hal yang tak kusuka tanpa malu. Andai saja semua yang aku pikirkan tentangmu dapat terucap dengan lancar dari mulutku yang ini, tanpa malu.
ANDAI SAJA…
###

Aku menyesal mengapa mengikuti nasihatmu untuk bergabung dalam kelompok bedah katak, sehingga aku harus mencari katak di danau belakang sekolah. Aku tak pernah berharap mendengar percakapanmu dengan Mario, sahabatmu. Aku juga tak pernah berharap ada aku dalam percakapan kalian.“Dion, lo tuh bodoh apa telmi, sih? Cewek secantik Clara rela lo tolak demi Dian yang nggak tahu apakah dia juga cinta mati sama elo! Lo gila, man!” Mario melemparkan katak kearahmu.
“Habis bagaimana lagi, sob, gue cinta mati sama si Dian. Nggak peduli apapun caranya, gue harus dapet hati bekunya.” kau mengacungkan jaring kecil keatas, sehingga air yang tersisa di jaring, terciprat kearahmu.
Dengan cermat dan tepat, otakku merekam kejadian konyol itu. Konyol bagi teman-teman yang lain, termasuk Mario yang melemparimu dua katak sekaligus tepat ke mukamu. Namun kekonyolan itu menjadi obat mujarab untuk menghalau rinduku padamu.
Yaah…bisa dibilang saat ini aku juga sedang merindukanmu. Padahal, baru satu jam yang lalu kita berbalas pesan. Apa kau sadar, inbox-ku penuh dengan semua pesanmu, dan sent item-ku juga penuh jawaban dariku untukmu. Hihi… apa kau juga sadar betapa penuhnya pesan di ponselmu?
Jika kau tak percaya, kau bisa mengecek ponselku. Pesan pertama yang kau kirimkan minggu lalu, masih ada di baris akhir. Seperti ini pesan pertamamu.

I just Want To Say

Hari ini, kulepas kau dari hatiku. Setelah lima tahun silam kau merajai hatiku, hari ini aku yakin akan mampu melepasmu. Meskipun sulit, walaupun sakit, aku harus berusaha melepasmu.
Dari dulu hingga kemarin, aku masih menyimpan hatiku hanya untukmu. Aku rela menunggu dan melewatkan beberapa lelaki yang memegang bagian kecil kunci hatiku, bagian terbesarnya masih terpegang olehmu sampai kemarin.
Itu kemarin, kala setiap menit, setiap detik, aku selalu memikirkanmu. Kadang aku berpikir –bukannya ge er- mungkin Hijau Daun membuat lagu Setiap Detik untuk mewakili perasaanku padamu. Hihi… Pe-De jreng sekali diriku ini!

I Have A Heart

“Apa, sih?!”“Ini mbak, di olesin lipstick dikit lagi.”“Lipstak lipstick. Dari tadi tambah-tambah mulu, bisa tebel bibir gue dong!”“Tapi bibir mbak udah mulai pucat. Dikit aja mbak?”“Nggak-nggak. Ayo mulai lagi!”Satu…dua…tiga… JEPREET…
Reza sedang duduk melamun didepan studio photo Jankish. Entah apa yang dipikirkan Reza, pemuda asli Bandung yang merantau di Jakarta sedirian. Dua hari yang lalu, ia berhasil diterima di studio di Jakarta ini.

Walaupun hanya sebagai Office Boy.“Reza! Ngelamun aja, nih gula, bawa ke pantry.” seorang wanita muda cantik turun dari mobilnya.“Iya, mbak Citra.” Reza mengangguk pelan kepada manager cantik yang membuatnya diterima bekerja disini.Dua menit waktu yang dibutuhkan Reza untuk mencari pantry yang sebetulnya mudah dicari. Tapi berhubung Reza adalah OB baru di studio photo Jankish ini, Reza baru bisa menemukan pantry dengan bertanya kepada dua orang yang bertemu dengannya.“Nah, ini dia gulanya baru datang.” lelaki setengah baya itu menyindir Reza dengan candaan.“Iya nih, Pak Burhan. Saya lupa-lupa ingat terus.” jawab Reza sekenanya.“Saya maklum, sih. Dulu saya juga baru inget seluruh studio tiga hari setelah masuk kerja.” jelas lelaki yang dipanggil Pak Burhan itu.Dengan sangat terampil dan cekatan, Pak Burhan mencampur gula bersama chocolate bubuk disebuah cangkir ungu yang lucu.“Cangkir siapa, Pak? Kok, kayaknya khusus?” tanya Reza penasaran melihat cangkir ungu dengan hiasan gambar kalajengking yang melambangkan scorpio.“O, ini cangkir Mbak Reina. Oya Za, kalau kamu disuruh bikin coklat panas buat mbak Reina, jangan pake cangkir yang lain, pakenya khusus yang ini.” Pak Burhan menunjuk cangkir yang sekarang berisi coklat panas lezat.“Mana coklatnya, udah ditungguin Reina. Cepetan!” Citra mengingatkan reza.

One Years Ago

“Huft…Akhirnya dua tiket Sang Pemimpi sudah berada ditangan.” aku lega karena sudah mendapatkan dua tiket untuk nonton bersama Tiko.
Dihari setahun jadian ini, tepat dihari valentine, aku nggak mau menyia-nyiakan waktu untuk bertemu cintaku. Kurelakan untuk nggak mengikuti khursus piano hari ini, padahal seminggu lagi aku akan konser di Malaysia.
Sudah aku edarkan pandangan mataku keseluruh penjuru Mall, tapi sama sekali tak kutemukan batang hidungnya Tiko yang mancung. Setengah jam aku mengitari Mall tanpa tujuan. Dua gelas teh segar telah kuhabiskan sembari aku berjalan berkeliling.

Perasaanku mulai tak karuan. Masalah terbesar saat ini yang muncul di otakku adalah bahwa Tiko tak akan datang siang ini karena Rena, temannya sejak kecil yang dirawat dirumah sakit karena kecelakaan. Kalupun Tiko datang, pasti pengen cepetan pulang dengan berbagai alasan.
Satu bulan ini sikap Tiko berubah drastis sama aku. Yang tadinya dia selalu nelpon duluan, sekarang kalo aku nggak nelpon, dia nggak bakalan menelponku. Yang dulunya sering mengucapkan cinta dengan tulus kepadaku, sekarang tak pernah mengucapkan cinta dengan tulus, bahkan jika aku tak memintanya, dia nggak akan say I love you.
Segera kutepis pikiran buruk itu jauh-jauh. Mungkin saja Tiko benar-benar sibuk, sehingga terlambat datang, satu jam!


Deskripsi

Aku ingat tahun pertama itu aku melihatnya, Via kecil, manis. Dengan rambut bob berponi Via memasuki kehidupan Sekolah Dasar untuk yang pertama kali. Tak ada Mama yang menunggunya sampai Via pulang. Via begitu iri pada teman-temannya yang selalu ditemani Mama mereka. Sedangkan Mamanya hanya datang mengantar dan datang menjemput.Dirumah, hanya aku yang dekat dan mengerti Via. Aku selalu mendampinginya. Bahkan saat teman-teman menjauhinya karena dilarang oleh Mama mereka. Aku juga tahu gossip yang menyebar diantara kumpulan ‘nyonya-nyonya’ yang sedang menunggu anak manja mereka bubaran sekolah.Pernah kudengar Via bercerita saat nyonya-nyonya itu mendekap anak mereka agar menjauh dari Via yang sedang berjalan sendiri menuju gerbang sekolah. Ingin sekali aku merobek mulut mereka. Tapi, apa dayalah aku. Tapi aku masih bisa melindunginya dari pedih kenyataan, dengan garis bibirku yang selalu menyunggingkan senyum, dan mataku yang selalu berbinar lebar.

Cafelycious

Duuk…praang…
“Mayang…!”
Hemh…suara serem itu lagi. Sampai kapan dia bisa mandiri, masa gue kudu nan musti bin wajib terus ngawasin dia tiap hari. Impossible! Tapi mo gimana lagi, namanya juga cinta, C-I-N-T-A, plus buta lagi. Beginilah hasilnya.
“Raha…”
- - -

Siang yang hot waktu itu ngebuat gue terpaksa beli minuman di CaféLycious, cafe yang terdekat dengan kampus gue. Itu artinya gue harus rela nglepasin selembar sepuluh ribuan satu-satunya yang masih gue pertahanin buat jaga dompet dari tuyul.
“Mbak, es cappuccino satu. Just one, only one.” gue acungin deh telunjuk gue kedepan muka Mbaknya, biar

Tiga Hari Bersamamu

CRIING… Lonceng diatas pintu berbunyi. Itu tandanya ada seseorang yang datang.
Dian…
Sejak tiga hari lalu, di cafe ini aku melihat Dian datang dengan pakaian seperti biasa. Kacamata itu lagi, buku itu lagi, kemeja kotak-kotak lagi, dan itu semua lagi dan selalu membuatnya terlihat ‘aneh’.
Dian duduk ditengah café area bebas rokok, selalu semeja denganku, meja 21. Aku tak tahu mengapa Dian memilih meja ini untuknya. Padahal masih banyak meja yang kosong dan seorang teman yang lebih cantik dan lebih harum dari pada aku.

My Plan

Setelah tugas selesai, dan sudah aku posting (sebagai bukti, agar aku tak di cap sebagai blogger sok sibuk), aku ingin membuat rencana, yaitu, sesuai dengan judul postinganku kali ini, yaitu, sesuai dengan tekadku, yaitu, sesuai dengan semangatku, yaitu, sesuai dengan kesukaanku, yaitu...


HALAH...kelamaan yaitu-yaitu-yaitu mulu!


dan pada akhirnya aku berencana akan membuat...
jreng
jerejeeng...

Monday, July 4, 2011

Sabar...dan Menunggu

Itulah yang kukerjakan setelah terakhir aku memposting story.
Sabar : setiap hari aku selalu sabar mengerjakan tugas.

Menunggu : setiap hari aku selalu menunggu ilham datang untuk menghasilkan tugas.

So intingya. Aku belum bisa memposting banyak hal akhir2 ini, karena sehang menyelesaikan Tugas Akhir.
Padahal banyak banget foto yang ingin aku ceritakan. tapi besok dua minggu lagi sajalah.
Akan kuceritakan semuanya...!
Doakan aku semoga berhasil mengerjakan tugas. AMIN.