Wednesday, December 14, 2011

Rindu Rumah Rindu Kangkung -_-

Di kost, menunggu latihan teater pukul 00.00 (entah malam atau dini hari)
Hiiks...
Malam ni teringat rumah. Home sick...
Harus bersabar hingga Jumat sore.
Rindu suasana rumah yang ramai.
Meski hanya keluarga kecil, Ayah, Ibu, aku dan Andi adekku, rumah kami selalu ramai.
Entah karena Ibu yang selalu marah-marah,
ato karena Ayah selalu menyuruh Andi latihan passing Voli,
ato juga karena aku dan Andi yang sering tidak akur bila dirumah
#singmellow : Missing home...

Yang paling membuatku terasa jauh dari rumah adalah 'KANGKUNG'.
Kok bisa?
Ya, karena kangkung adalah masakan andalanku jika aku berada di rumah.
(pede, padahal baru 3 kali masak kangkung)
Kangkung... oh...kangkung...


Ketika di rumah, aku malas sekali masak kangkung, meski dengan sejuta rayuan Ayah dan Ibu memaksaku memasak untuk mereka.
Plis dee, anak gaul itu gak nyentuh dapur...hellow, kemana tangan mulus gueh?
Sekarang, aku pengen masak kangkung...
Nggak mungkin! Jam berapa ini?
Mana ada warung yang buka?
Boro-boro warung, yang jualan aja udah molor mimpi indah,
Yasudah, untuk menambal rinduku,
(Lo kire ban bocor, pake di tambal segala!)
akan kulihatkan cara + hasil olahan kangkungku!
 Jangan lupa dicuci dahulu dengan air mengalir sebelum dimasak!
 Siapkan irisan bawang merah putih (kayak bendera Indonesia aja),
irisan cabe merah hijau (kali ini gak tau kayak bendera mana),
Banyaknya irisan sesuai selera. Karena aku suka bumbu, maka aku banyakin irisannya deh!
 Tumis irisan bumbu dengan sedikit minyak
(namanya juga ditumis, minyaknya dikit, nah, kalo minyak banyak namanya digoreng!)
 Masukkan air, tunggu hingga mendidih, lalu cemplungkan masukkan kangkung.
 Bagi pemula pasti repot membolak-balikkan kangkung mengembang di atas wajan.
Nah, trick-nya, ambil kangkung dibagian bawah, letakkan di atas.
Diamkan beberapa detik, angkat lagi yang bawah, letakkan di atas lagi,

 
lakukan berulang hingga kangkung perlahan kempes seperti ini.
Setelah kempes, baru bubuhi garam, penyedap rasa, dan saus tiram, secukupnya. Slurpt...
Taraaa...
Inilah hasilnya...
Ada 3 sih, kan, sudah kubilang aku pernah masak kangkung 3 kali.
Mnurutmu enak yang mana ya?
Humh...yummy...



Bagi pemula sepertiku, semoga resep sanngat sederhana ini bisa membantu...
Meskipuns sederhana, layak untuk dicoba dan disajikan kok, hehe...

No comments:

Post a Comment

thanks for reading (^o^)