Friday, May 16, 2014

Maria Gaetana Agnesi

Hari ini pertama buka mbah Google, aku tertarik dengan image ini.
Berbagai pertanyaan muncul tentang gambar ini.
Siapa wanita yg ada di tengah huruf 'O' itu, dan mengapa dirinya sampai dijadikan object google yg mendunia.
Dan tentu saja hanya google yg tau jawabannya. So aku searching dan menemukan dari Wikipedia siapa dia sebenarnya. Hahahahahaha...



     Maria Gaetana Agnesi, wanita ini lahir di Milan, Italia, 16 Mei 1718. Saat umurnya 80 tahun, ia meninggal juga di Milan, Italia, 9 Januari 1799. Maria adalah seorang filsuf dan matematikawati Italia. Anak pertama dari 21 bersaudara, ia dilahirkan dalam keluarga Italia kaya dan terpelajar dan mempunyai ayah seorang matematikawan.
     Ia menguasai bahasa Latin, bahasa Yunani, bahasa-bahasa Yahudi, dan beberapa bahasa lainnya dalam usia 9 tahun. Pada usia 20 tahun ia memulai sebuah karyanya yang terpenting, sebuah buku ajar kalkulus. Pada masanya, karyanya sungguh-sungguh mengagumkan dan merupakan buku ajar kalkulus luas yang pertama sejak karya dini dari I'Hospital. Buku itu telah menerima banyak penghormatan, termasuk pengakuan dari Kaisar Maria Theresa dan Paus Benediktus XIV. 
     Nama Agnesi menguasai suatu tempat dalam kepustakaan matematika melalui suatu sumbangan kecil Maria yakni pembahasannya tentang kurva yang dikenal sebagai versiera, yang berasal dari bahasa Latin vertere yang artinya membalik. Kurva tersebut dikenal sebagai kurva "sihir dari Agnesi" karena versiera dalam bahasa Italia berarti Iblis betina.
     Pada peringatan seratus tahun meninggalnya, kota Milan menghormati Agnesi dengan memberi nama sebuah jalan atas namanya. Sebuah batu pertama di bagian muka gedung Luogo Pio bertuliskan prasasti yang isinya
"terpelajar dalam matematika, keagungan Italia dan abadnya".

Dan itulah sekilas tentang Maria Gaetana Agnesi.

Yuup... sudah kelar ke-kepo-anku. Jujur, aku ga suka sama matematika, so setelah tau Maria itu matematikawan, aku gatau harus nulis kayak gimana tentang matematika dan Maria.
Daripada aku megarang indah dan sok tahu antara Maria dan matematika, aku cari saja di Wikipedia. Mungkin penjelasanku sama dengan Wikipedia (kand di awal sudah aku bilang aku dapet dr Wikipedia) yg penting ke kepoanku sudah tersolusikan.

See you later...

8 comments:

  1. eh gw juga suka kepo klo tiba2 buka gugel dan gw mendapati ada yang beda sama logonya, ternyata gw ga sendiri :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. klo lambangnya yg aneh aku mesti kepo. haha :D

      Delete
  2. Gak banyak yg tau ya sama maria sang matematikawati, untungnya google tau semua hahahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu,.. kenapa dsbut Mbah Gugel, karna dia tau segalanya. ehehe

      Delete
  3. saya juga suka mengamati Google Doodle :)

    ReplyDelete
  4. Owalah.. jadi itu tema google doodle kemarin :)

    ReplyDelete
  5. kalo gue sih cuma ngarahin kursor mouse ke gambarnya, ngeliat namanya, udah deh. yang penting tau namanya :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kepo setengah-setengah malah bikin tambah kepo. wkwk ;p

      Delete

thanks for reading (^o^)